PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PRAKTEK PEMBUATAN MARKETING TOOLS PADA MATA KULIAH HOTEL MARKETING.
DOI:
https://doi.org/10.59820/telpar.v2i2.253Kata Kunci:
Canva; Hotel marketing; Marketing tools; Penelitian tindakan kelasAbstrak
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan aplikasi Canva dalam praktek pembuatan marketing tools pada mata kuliah Hotel Marketing. Tujuan utama penelitian adalah mengevaluasi efektivitas Canva sebagai alat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merancang materi pemasaran berupa kartu nama, brosur dan company profile pada industri perhotelan. Studi ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau dikenal juga dengan istilahclassroom action research , dengan melibatkan 45 mahasiswa program studi perhotelan dari sebuah politeknik di Indonesia. Partisipan dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan Canva dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tradisional. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian kualitas marketing tools yang dihasilkan, kepercayaan diri dan kualitias mahasiswa pada kegiatan roleplay, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang melakukan roleplay dengan menggunakan media promosi yang dibuat sendiri lebih menguasai materi dan percaya diri dibanding mahasiswa yang melakukan role play tanpa menggunakan media promosi. Temuan ini menggaris bawahi potensi Canva sebagai alat pedagogis yang efektif dalam pendidikan perhotelan. Pembelajaran ini dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan dasar desain visual yang relevan dengan tuntutan industri modern. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik perhotelan dalam mengintegrasikan teknologi desain ke dalam kurikulum untuk meningkatkan hasil pembelajaran mahasiswa.
Kata kunci : canva, hotel marketing, marketing tools, penelitian tindakan kelas.