OPTIMALISASI LAYANAN BERBASIS SYARIAH DI CINNAMON HOTEL BOUTIQUE

Penulis

  • Fauzi Caniago Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Ananda Ghina Salsabila Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Restya Sari Pusti Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59820/soma.v2i2.203

Kata Kunci:

Optimalisasi, layanan Syariah, Hotel.

Abstrak

Optimalisasi layanan berbasis syariah di industri perhotelan semakin penting seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim. Cinnamon Hotel Boutique berupaya untuk memenuhi kebutuhan ini dengan menawarkan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan berbasis syariah di Cinnamon Hotel Boutique guna meningkatkan kepuasan tamu muslim dan memastikan kepatuhan terhadap nilai-nilai Islam. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meneliti keadaan yang sedang berlangsung atau alamiah pada saat berhubungan dengan Cinnamon Hotel Boutique. Hasil temuan menunjukkan bahwa: Optimalisasi layanan berbasis syariah di Cinnamon Hotel Boutique.yaitu:Menginap harus pasangan mahram.Adzan dan lantunan ayat suci Al-Quran  di speaker tiap kamar dan diarea publik,Sholat berjamaah tepat waktu, Disediakan peralatan sholat tiap kamar. Siaran TV langsung Medinah dan Mekkah, Tahajud wake up call (apabila dipesan oleh tamu), Welcome drink zam-zam dan kurma,100% Halal dining, dan Saat ceck out para tamu yang menginap di tempat itu diberikan souvenir pohon kayu manis. Optimalisasi layanan berbasis syariah di Cinnamon Hotel Boutique berhasil meningkatkan kepuasan tamu. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup perluasan fasilitas syariah dan peningkatan promosi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-15

Terbitan

Bagian

##section.default.title##