UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBERDAYAKAN TENAGA PENDIDIK BERSERTIFIKAT PROFESI GURU MENUJU SEKOLAH BERMUTU

(Studi pada SMP Negeri 1 dan 3 Lembang Kabupaten Bandung Barat)

Penulis

  • Iin Surtiah STIA Bagasasi
  • Risna Haryati STIA Bagasasi

DOI:

https://doi.org/10.59820/soma.v1i1.18

Kata Kunci:

Principal leadership, Certified educators, Quality schools

Abstrak

Penelitian  ini berjudul Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam memberdayakan Tenaga Pendidik Bersertifikat Guru Menuju Sekolah Bermutu dengan lokasi di  SMPN Lembang Kab. Bandung Barat. Penenelitian menggunakan metoda penelitian kualitatif deskriptif analitik, tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kepala SMPN Lembang telah melaksanakan kepemimpinan dalam-memberdayakan tenaga pendidik bersertifikat profesi guru secara efektif-menuju Sekolah Bermutu, dengan gaya kepemimpinan Transformasional dan KepemimpinanVisioner secara sinergi. 2) Efektivitas kepemimpinan Kepala SMPN Lembang dibuktikan dengan penguasaan kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan,supervisi dan kompetensi sosial dan mampu meningkatkan kinerja guru sebesar 13,55 %  tahun  2012-2013. 3) Strategi Pemberdayaan Guru bersertifikat ditempuh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan program Pengembangan Diri dan kegiatan sebagai berikut 1) Pengembangan individual mandiri, 2) Pendidikan dan Latihan Fungsional, 3) In House Training, 4) Kegiantan Kolektif KKG,MGMP,KKKS,MKKS, 5) Publikasi Ilmiah, 6) Kegiatan Inovatif : work shop, seminar,symposium. Hambatan Pemberdayaan Guru Bersertifikat antara lain: 1) Rendahnya Motivasi belajar sebagian guru - guru yang mendekati masa pensiun; 2) Rendahnya Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional sebagian kecil Guru; 3) Langkanya Pengawas Sekolah yang berlatar belakang disiplin  IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris yang diperlukan sebagai nara sumber dalam kegiatan In House Training para guru. 3) Terbatasnya kesempatan waktu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2/S3 PTN untuk guru Bidang Studi IPA, Bhs. Inggris, dan Matematika. Bagi Kepala Sekolah penulis merekomendasikan diantaranya sebagai berikut: a) Kepala sekolah harus senantiasa meningkatkan kualitas kepemimpinan transformasional dan visionernya untuk memberdayakan guru yang efektif dan profesional. b) Dalam In House,Training untuk pengayaan Bahan Ajar IPA,Matematika dan Bahasa Inggris, disamping bantuan Pengawas Sekolah juga hendaknya memohon tenaga dosen Perguruan Tinggi Negeri  sebagai nara sumber pelatihan. c) Kepala Sekolah hendaknya mendorong guru untuk melanjutkan pendidikan S2/S3 disiplin  ilmu yang linear disamping kegiatan Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan. Sedangkan Bagi Kepala Dinas Pendidikan dalam pengangkatan Tenaga Pengawas Sekolah hendaknya lebih memperhatikan persyaratan kualifikasi akademis dan kompetensi pengawas dengan  memprioritaskan dari .guru: IPA,Matematika, dan Bahasa Inggris untuk menjadi pengawas.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

##section.default.title##