https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/pengmas/issue/feed Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2025-06-04T07:39:25+00:00 Open Journal Systems <table style="height: 203px;" width="548"> <tbody> <tr> <td>Publiser</td> <td>:</td> <td>Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M)<br />Politeknik Pajajaran ICB Bandung</td> </tr> <tr> <td>Journal Abbrev</td> <td>:</td> <td><strong>Jurnal PENGMAS</strong></td> </tr> <tr> <td>Frequency</td> <td>:</td> <td>2 issues per year</td> </tr> <tr> <td>Print ISSN</td> <td>:</td> <td>On Progress</td> </tr> <tr> <td>Online ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20221005311961203">2963-2641 (Online - Elektronik)</a></td> </tr> <tr> <td>Citation analysis</td> <td>:</td> <td>Google Scholar</td> </tr> <tr> <td>Journal Scope</td> <td>:</td> <td> </td> </tr> </tbody> </table> <p>Analisis, temuan atau refleksi kegiatan PKM yang tidak terbatas pada konsep, metode, sasaran PKM, hasil luaran PKM, dan refleksi kegiatan, tetapi juga aspek-aspek penguatan kapasitas masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan.</p> https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/pengmas/article/view/290 ANALISIS SISTEM INSTALASI LISTIK GEDUNG UNTUK MEMINIMALISASI KEBAKARAN DI KOTA BANDUNG 2025-01-08T06:31:44+00:00 Said Bambang Nurcahya said.bambangnurcahya@poljan.ac.id Hadi Suwastio Cokrodimejo said.bambangnurcahya@poljan.ac.id <p><em>Akhir-akhir ini terjadi banyak kebakaran gedung ataupun bangunan di wilayah Kota Bandung, yang disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik, Korsleting listrik bisa terjadi jika instalasi listrik bangunan Gedung tersebut tidak mengikuti standar instalasi, atau tidak dipelihara oleh tenaga ahli dibidang kelistrikan, Sepanjang tahun 2014 sampai dengan tahun 2024 atau kurang lebih sepuluh tahun telah terjadi ratusan kebakaran Gedung yang disebabkan oleh korsleting listrik,ditahun 2024 ini saja&nbsp; salah satu contoh kejadian kebakaran di pasar baru trade center, disebabkan oleh hubungan arus pendek di basement dengan suara ledakan keras dan api langsung menyambar beberapa bagian disekitar basement dan merambat kelantai atas, untuk mengantisipasi kejadian serupa maka peneliti mencoba menganalisis sistem instalasi di Gedung bertingkat di Kota Bandung dengan menggunakan metodologi komputerisasi database&nbsp; bangunan Gedung bertingkat dengan system sensus dan wawancara terhadap penanggung jawab Gedung, tujuannya agar instalasi listrik dikelola dan dipelihara secara baik oleh tenaga ahli bidang kelistrikan yang bersertifikat.sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah pengurangan resiko kebakaran yang disebabkan oleh hubungan arus pendek dan memperkecil korban kebakaran atau zero korban&nbsp; jiwa. Antisipasi menggunakan system peringatan dini yang terhubung ke database menjadi tindaklanjut kegiatan berikutnya.</em></p> 2024-03-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/pengmas/article/view/291 PENDAMPINGAN PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE SIABDES DI BUMDES KARYA MUKTI 2025-01-08T16:10:28+00:00 Dematria Pringgabayu nrubiyanti@telkomuniversity.ac.id Nurafni Rubiyanti nrubiyanti@telkomuniversity.ac.id Mahendra Fakhri nrubiyanti@telkomuniversity.ac.id <p>BUMDES pada dasarnya merupakan sebuah entitas bisnis yang dibentuk untuk mengoptimalkan potensi desa dan memberdayakan masyarakat desa. BUMDES merupakan model bisnis yang sangat ideal. Dalam prakteknya BUMDES masih memiliki beberapa kelemahan antara lain komunikasi antara BUMDES dengan pelaku usaha masyarakat desa, tata laksana sistem yang masih sangat baru, pelaksanaan sistem yang masih manual, belum ada komitmen bersama pengelola BUMDES, belum ada kesepemahaman dengan masyarakat desa terhadap program BUMDES, kepercayaan masyarakat terhadap kinerja BUMDES yang rendah, rendahnya inovasi pengelola, tata kelola yang masih kurang, permasalahan rantai pasokan, dan rekognisi oleh masyarakat. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini secara umum adalah untuk membangun sinergitas kemitraan sebagai perwujudan visi dan misi Universitas Telkom. Secara khusus, tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangangkan sistem akuntansi dan keuangan, perancangan tata kelola usaha dan proses bisnis, penyusunan rencana bisnis, penyusunan rancangan pemasaran, dan rantai pasokan, dan digitalisasi yang dapat digunakan oleh BUMDES Karya Mukti yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Output kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan antara lain berupa pelatihan/bimbingan teknis (bimtek), pembuatan prototipe sistem/proses, dokumen standar operasi, dan pembentukan/penguatan jejaring bisnis skala nasional dan regional Asia.</p> 2024-03-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/pengmas/article/view/346 IMPLEMENTASI SISTEM PENERIMAAN SANTRI BARU BERBASIS WEBSITE DI PONDOK PESANTREN AT-TADZKIR MAJA 2025-06-04T07:39:25+00:00 Hafidz Sanjaya hafidzsanjaya@lecturer.univypib.ac.id Fajar Maula Hidayat fajarmaulahidayat@univypib.ac.id Dwi Purnomo purnomo.pro73@gmail.com <p>Pondok Pesantren At-Tadzkir Maja menghadapi tantangan dalam proses penerimaan santri baru yang masih dilakukan secara manual, sehingga kurang efisien dan rentan terhadap kesalahan administrasi. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa implementasi sistem penerimaan santri baru berbasis <em>website</em>. Sistem ini dirancang untuk mempermudah calon santri dalam melakukan pendaftaran secara daring serta membantu pihak pesantren dalam mengelola data pendaftar secara lebih efektif dan akurat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan, serta pelatihan bagi pengelola pesantren dalam menggunakan sistem yang telah dibuat. Hasil dari implementasi ini menunjukkan bahwa sistem berbasis <em>website</em> mampu meningkatkan efisiensi proses penerimaan santri baru, mengurangi penggunaan kertas, serta memberikan kemudahan dalam akses informasi bagi calon santri dan pihak pesantren. Dengan adanya sistem ini, diharapkan Pondok Pesantren At-Tadzkir Maja dapat lebih profesional dalam pengelolaan administrasi penerimaan santri baru dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan pesantren.</p> 2025-03-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat