PENERAPAN GO DIGITAL MARKETING RESTORAN DALAM UPAYA PENINGKATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIT BISNIS

Penulis

  • Linna Ismawati Universitas Komputer Indonesia
  • Raeni Dwi Santy Universitas Komputer Indonesia
  • Angga Setiadi Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59820/pengmas.v1i2.32

Kata Kunci:

Pemasaran Digital Teknologi Informasi UMKM Peningkatan Kualitas SDM Manajemen Keuangan Pemasaran

Abstrak

Selama kondisi pandemi Covid-19, pertumbuhan UMKM di Indonesia melewati berbagai tantangan salah satunya mendorong perubahan pada pola konsumsi barang dan jasa bertransformasi digital dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Saung Pondok Barokah Umat (SPBU) yaitu untuk melakukan identifikasi sekaligus mencarikan beberapa alternatif solusi pemecahan permasalahan yang dialami SPBU dalam mengelola usahanya. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu observasi lapangan ke SPBU dan sosialisasi kegiatan dengan pertemuan antara Pengusul dan Mitra. Hasil penelitian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yakni diharapkan pengelola dan santri Unit Bisnis SPBU mampu meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dalam mengelola Website dan Media Sosial sebagai sarana untuk memperkenalkan produk dari Mitra tersebut. Kegiatan ini telah ikut serta membantu program peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan dan pembinaan aplikasi digital marketing dan media sosial untuk mendukung pengembangan Unit Bisnis SPBU. Diharapkan pengelola dan santri Unit Bisnis SPBU dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengembangkan bisnisnya dengan market share tidak hanya dilingkungan pesantren tetapi menjangkau wilayah yang lebih luas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-15