PENGEMBANGAN KOMPETENSI PELAYANAN DESA BERBASIS DIGITAL DI DESA WANGUNJAYA KECAMATAN NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.59820/pengmas.v2i2.183Kata Kunci:
Kompetensi, Pelayanan, Digital, PublikAbstrak
Salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan atau menyampaikan kinerja adalah masalah informasi dan teknologi. IT menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam Pelayanan di masa Pandemi sekarang ini. Desa Wangunjaya adalah salah satu desa di Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur yang dianggap siap menghadapi era digital. Salah satu prestasi yang didapat Desa Wangunjaya adalah kepemilikan website informatif. Proses yang dijalani tentunya panjang dan melibatkan banyak pihak. Namun demikian, keberhasilan yang telah dicapai oleh Desa Wangunjaya belum memiliki jaminan dapat berlangsung secara terus menerus. Perlu pengembangan kompetensi dalam pelayanan aparat desa. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kompetensi dari kegiatan pelayanan di masa pandemik dalam pelayanan berbasis digital, manajemen administrasi desa harus bisa dikelola dengan baik serta peningkatan kompetensi, pelaksanaan dan pengawasan saat penanganan wabah pandemik memerlukan suatu pelayanan yang khusus dan diikuti oleh protokol keseharan bahkan pelayanan dilakukan dengan menggunakan mobile center yang dilakukan dengan menggunakan pelayanan yang bersifat digital melalui online bahkan menerima layanan melalui telepon. Pengembangan Kompetensi Pelayanan Desa Berbasis Digital di Desa Wangunjaya Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur mampu meningkatkan kualitas sumber daya aparatur desa dan kompetensi pelayanan dalam memberikan layanan kepada masyarakat pada masa pandemi sekarang ini. Terutama pelayanan yang menyangkut pengadministrasian desa dan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat di masa pandemic Covid-19.