KORELASI INTERNALISASI NILAI –NILAI DASAR PROFESI ASN TERHADAP CAPAIAN AKTUALISASI PADA DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III

Penulis

  • Dematria Pringgabayu Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Maisa Azizah Asmara Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Muchamad Fahdly Achya Rizky Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59820/emba.v1i1.7

Kata Kunci:

Internalisasi, Aktualisasi, Nilai-nilai ASN

Abstrak

Abstract

This study aims to examine the correlation between the independent variables namely internalization (X1) and the design of actualization (X2), with the dependent variable (Y) which is the achievement of civil servants values, namely: Accountability, Nationalism, Public Etiquette, Commitment of quality, and Anti-Corruption (ANEKA), located in respondent’s training workplace. This study is based on quantitative data, which is obtained through questionnaires and documentation study, as the data collection techniques; involving 118 participants from Pra-jabatan training mentors, in class, 3, 4, and 13 in 2019; participant of the training as many as 118 participants from various institutions in Kemendikbud -as the subject and the respondents to the study. The results showed that the actualization of understanding and level of achievement does not have a significant correlation, while the correlation between design actualization, and the level of achievement actualization has high significance.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara variabel bebas yaitu internalisasi (X1) dan desain aktualisasi (X2), dengan variabel terikat (Y) yaitu pencapaian nilai-nilai PNS yaitu: Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA), bertempat di tempat pelatihan responden. Penelitian ini didasarkan pada data kuantitatif, yang diperoleh melalui kuesioner dan studi dokumentasi, sebagai teknik pengumpulan data; melibatkan 118 peserta dari Pra-jabatan pembimbing pelatihan, di kelas, 3, 4, dan 13 tahun 2019; peserta pelatihan sebanyak 118 peserta dari berbagai instansi di Kemendikbud -sebagai subyek dan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pemahaman dan tingkat pencapaian tidak memiliki hubungan yang signifikan, sedangkan hubungan antara aktualisasi desain dengan tingkat aktualisasi pencapaian memiliki signifikansi yang tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adisaputra, A.K. 2013. “Kompetensi ASN, Apa, Mengapa dan Bagaimana”. http://bkd. jabarprov.go.id/index/php/submenu/informasi /artikel/detailartikel/15Daryanto

Ahmadi, A. dan Supriono, W. 1991. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Ali, M. dan Asrori, M. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Amirullah. 2015. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Bovens,M. 2007.Analysing and Assessing Accountability: A Conceptual Framework’ European Law Journal, Vol. 13(4), pp. 447–468

Danim, S. 2012. Motivasi Kepmimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Daryanto & Bintoro. 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Daryl K. 2004. Landasan Etika Profesi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Yuwono, I. 2011. Memahami Berbagai Etika Profesi dan Pekerjaan. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Haryatmoko. 2011. Etika Publik, Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Koyan, I W, 2012, Statistik Dua, Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha Press

Latif, Y. 2014. Mata Air Keteladanan Pancasila dalam Perbuatan. Jakarta: Mizan

Rivai, L. S. 2009. Rambu-Rambu Karya Tulis Ilmiah Widyaiswara. Bogor: Penerbit Buku Ilmiah Populer.

Magnis-Suseno, F. 1990. Etika Politik. Jakarta, Penerbit Rajagrafindo Persada.

Moleong J. L. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. 1997. Etika Profesi Hukum. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti, Cetakan Pertama.

Nyayu K. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Patton, M. Q., 1987.Quantitatif Evaluation Methods, Baverly Hill: Sage Publications

Prasetyo, P. S. dkk. 2013. Korupsi dan Integritas dalam Ragam Perspektif. Jakarta: PSIA UIN Jakarta

Pskologi-komunikasi.blogspot.co.id/2014/05/teori-johari-window.html

Rukmana, N. 2013. Etika dan Integritas, Jakarta. SBM Publishing

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Soedarsono, S. 2006. Hasrat Untuk Berubah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Suryabrata, S., 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2003. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Syafiie, I. K. 2011. Etika Pemerintahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Mohammad, A. dan Mohammad A., 2010. Judul : Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.

Yamit, Z. (2010) Manajemen Kualitas Produk & jasa. Cetakan kelima. Yiogyakarta: Ekonisia

Kemendikbud. 2019. Panduan Coach Diklat Prajabatan Golongan I, II,&III. Jakarta: Pusdiklat Pegawai.

Kemendikbud. 2019. Panduan Mentor Diklat Prajabatan Golongan I, II,&III. Jakarta: Pusdiklat Pegawai.

Kemendikbud. 2019. Panduan Penguji Diklat Prajabatan Golongan I, II,&III. Jakarta: Pusdiklat Pegawai. Kemendikbud. 2019. Panduan Coach Diklat Prajabatan Golongan I, II,&III. Jakarta: Pusdiklat Pegawai.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Golongan III.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pedoman Diklat Prajabatan Golongan III

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian dengan Undang-Undang ASN

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15