PERSFEKTIF EKONOMI DAN SOSIAL KONSUMEN TERHADAP DAYA BELI BERAS MERAH DAN BERAS PUTIH DI PASAR BAYONGBONG KABUPATEN GARUT
DOI:
https://doi.org/10.59820/emba.v3i1.281Kata Kunci:
purchasing power; brown rice; white rice; economic perspective; social perspectiveAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk membandingkan daya beli beras merah dan beras putih di pasar Bayongbong, Kabupaten Garut. Berdasarkan, perspektif ekonomi dan sosial konsumen. Dapat ditinjau konsumsi beras merah menunjukkan tren peningkatan, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif untuk mengetahui seberapa besar daya beli konsumen berdasarkan perspektif ekonomi dan social konsumen terhadap kedua jenis beras tersebut, dengan fokus pada aspek ekonomi (harga dan daya beli) serta sosial (kesadaran kesehatan). Hasil penelitian menunjukkan diketahui harga beras merah mampu mempengaruhi daya beli konsumen sebesar 88,0% ) dan beras putih sebesar 83,0% ( ) Artinya, keputusan konsumen dalam membeli beras merah dan beras putih dipengaruhi oleh fluktuasi harga namun didasarkan pada perspektif ekonomi dan social konsumen.
Unduhan
Referensi
Badan Ketahanan Pangan. (2020). LAPORAN STATISTIK KETAHANAN PANGAN 2020. JAKARTA: BADAN KETAHANAN PANGAN I
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL (SUSENAS) 2022. JAKARTA: BADAN PUSAT STATISTIK
BPS (2023). STATISTIK KONSUMSI BERAS DI INDONESIA. BADAN PUSAT STATISTIK
Boal, K. B., & Hooijberg, R. (2001). Strategic Leadership Research: Moving On. The Leadership Quarterly, 12(2), 175-197.
Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., ... & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
Gulati, R. (2007). Managing Network Resources: Alliances, Affiliations, and Other Relational Assets. Strategic Management Journal, 28(6), 617-637.
Hadiyati, E., Wijayanti, T., & Prasetyo, (2020). "Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Beras Merah dibandingkan Beras Putih". Jurnal Pangan dan Gizi, 18(2), 134-142
Herlina, Wita, et al. "INDIKASI INFLASI PADA ELASTISITAS HARGA CABAI RAWIT DOMBA DAN CABAI RAWIT HIJAU DI KECAMATAN TAROGONG KALER KABUPATEN GARUT." Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi: EMBA 2.2 (2024): 175-184
Markides, C. (2013). BUSINESS MODEL INNOVATION: HOW TO CREATE VALUE IN A DISRUPTIVE WORLD. MIT PRESS
O'Reilly, C. A., & Tushman, M. L. (2013). Organizational Ambidexterity: Past, Present, and Future. The Academy of Management Perspectives, 27(4), 324-338
Rizani, A., Norrahman, R. A., Harsono, I., Yahya, A. S., & Syifa, D. M. (2023). Efek Inflasi terhadap Daya Beli Masyarakat pada Tinjauan Ekonomi Makro. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 344-358.
Santosa, A., et al. (2021). Daya Saing Beras Merah dan Beras Putih di Pasar Tradisional: Studi Kasus di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian, 19(2), 78-90
Setiadi, N. J., & Se, M. M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.
Soeharso, A. (2020). Manfaat Beras Merah dalam Menurunkan Risiko Penyakit Metabolik. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(3), 112-120
Suryani, A. (2021). Analisis Harga dan Preferensi Konsumen terhadap Beras di Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 19(3), 91-98.
Prasetyo, M. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen terhadap Beras di Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Pertanian, 25(1), 58-65
Venny, Sisilia, and Nuraini Asriati. "Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro." Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7.1 (2022): 184-194
Wahyudi, D., & Hidayat, R. (2022). Peran Budaya dan Sosial dalam Preferensi Konsumen terhadap Jenis Beras. Jurnal Sosial Ekonomi, 16(4), 105-112
Widodo, H. (2021). Tren Konsumsi Beras Merah dan Dampaknya terhadap Kesehatan Konsumen. Jurnal Pangan dan Gizi, 15(2), 45-59