ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP GEN Z TERHADAP TATA KELOLA KEUANGAN PRIBADINYA

Penulis

  • Muhamad Chandra Maulana Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Hani Hatimatunnisani Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Syarah Oktapiani Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Mela Fitria Zaharah Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Hendriady De Keizer Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59820/emba.v3i1.278

Kata Kunci:

Generasi Z, Gaya Hidup, Tata Kelola Keuangan

Abstrak

"Gen Z", atau Generasi Z, umumnya adalah kelompok yang lahir antara akhir tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini tumbuh dengan internet dan teknologi digital, yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gaya hidup generasi Z berpengaruh dalam mengelola keuangan pribadi. Metode kuantitatif dengan regresi dan korelasi sederhana digunakan dalam analisis ini untuk mengukur hubungan statistik antara gaya hidup Gen Z dan tata kelola keuangan pribadi. Sebuah survei pada 100 orang Gen Z digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil dari analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa gaya hidup Gen Z tidak berpengaruh signifikan terhadap tata kelola keuangan pribadinya. Namun hasil korelasi yang positif menunjukan bahwa adanya gaya hidup Gen Z yang bersifat positif akan berpengaruh terhadap tata kelola keuangan pribadi menjadi lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hatimatunnisani, H., Pradipta, A., Zahra, W., Amalia, M., & Putri, L. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Bandung. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen (Eko-Bisma), 3(1), 263-268.

Krisnawati, K. (2021). Analisis Penerapan PSAK No. 109 Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lokar Hilir. Diakses pada tanggal 03 Nov 2024. Diambil kembali dari respository.uinsu.ac.id: http://repository.uinsu.ac.id/13189/

Mardiyana, D.(2024). 5 Langkah Mudah Uji Regresi Linear Sederhana dengan SPSS. Educativa – Platform Penelitian & Olah Data No.1. Diakses pada tanggal 1 November 2024 Diambil kembali dari educativa.id: https://educativa.id/2024/01/31/5-langkah-mudah-uji-regresi-linear-sederhana-dengan-spss/?gad_source=1

Muningsih, N. A. (2021). Pengaruh Inklusi Keuangan Literasi Keuangan Dan Love Of Money Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Dalam Penggunaan E-Commerce Shopee. Sustainability Accounting and Finance Journal (SAFJ), 1(2), 56-68.

Nizar. (2017). Teknologi Keuangan (Fintech): Konsep dan Implementasinya di Indonesia. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2024. Diambil kembali dari Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-JYBHjEAAAAJ&citation_for_view=-JYBHjEAAAAJ:NJ774b8OgUMC

Noordiono. (2016). Analisis Trik dan Teknik Marketing Generasi Z dalam Mempromosikan Produk Somethinc di Instagram. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2024. Diambil kembali dari stmiki.ac.id:https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/article/download/744/581/

Pichler. (2021). DITTO for Gen Z: A framework for leveraging the uniqueness of the new generation. Diakses pada tanggal 19 November 2024. Diambil kembali dari Jurnal JTIK: https://journal.lembagakita.org/jtik/article/view/2060https://journal.lembagakita.org/jtik/article/view/2060

Purba et al. (2021). The Effect of Cash Turnover and Accounts Receivable Turnover on Return On Asset. Indonesian College of Economics. STEI. Jakarta.

Rasulong, I., Salam, R., Yusuf, M., & Abdullah, I. (2024). Implikasi Kepribadian Gen Z Bagi Daya Saing Organisasi: Suatu Kajian Sytematic Literature Review. Diakses pada tanggal 19 November 2024 Diambiil kembali dari LIQUIDITY JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS : https://jurnal.usy.ac.id/index.php/liquidity/article/view/46

Restike, K. P., Prasasti, D., Fitriani, D. I., & Ciptani, M. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Pembelian Impulsif, Dan Gaya Hidup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater Gen Z. Diakses pada tanggal 19 November 2024. Diambil kembali dari Jurnal Akuntansi Bisnis: https://core.ac.uk/download/pdf/610244325.pdf

Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Mental Accounting dan Locus of Control Terhadap Pengelolaan Keuangan Gen-Z. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 8(1), 52-66.

R Wahyuni, H. I. (2019). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada ibu rumah tangga di kecamatan lubuk begalung kota padang. Diakses pada tanggal 03 Nov 2024. Diambil kembali dari academia.edu: https://www.academia.edu/download/67604335/1499.pdf

Siregar, D., Aditya, T., Purwanto, E., & Elyana, K. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Dalam Gaya Hidup Gen Z di Kota Tangerang. Diakses pada tanggal 19 November 2024. Diambil kembali dari Jurnal JTIK: https://journal.lembagakita.org/jtik/article/view/2060

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung:Alfabeta, 28(1), 12.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-15