ANALISIS RENCANA PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOPERASI PEKERJA POS INDONESIA

Penulis

  • Said Bambang Nurcahya Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Kunto Ajibroto Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Riffka Fauzany Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Gina Legiana Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59820/emba.v1i1.12

Abstrak

Badan Usaha Milik Negara  merupakan perusahaan yang modal dan kepemilikannya dimiliki Negara yang ditujukan untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang usaha, Operasional BUMN diawasi, dikontrol, dan dikuasai Negara untuk melayani kepentingan umum dan pelayanan public, sehingga dapat dijadikan sumber pendapatan negara dengan resiko kegiatan usaha ditanggung pemerintah, adapun produk produknya dibutuhkan oleh masyarakat, saat ini BUMN dibuat menjadi klaster-klaster diantaranya adalah jasa pariwisata dan pendukung, klaster telekomunikasi dan media, klaster energy, minyak dan gas, klaster kesehatan, klaster manufaktur, klaster mineral dan batubara, klaster pangan dan pupuk, dan klaster perkebunan dan kehutanan. Pos Indonesia merupakan BUMN perseroan terbatas  dalam pelayanan membagi kedalam enam daerah atau devisi regional dengan divisi mencakup semua provinsi terbagi menjadi 6 regional. PT Pos Indonesia sendiri berkantor pusat di Jl.Banda No.20 Kota Bandung Jawa Barat, dengan total karyawan 23.825 pada tahun 2019, di PT.Pos Indonesia terdapat beberapa serikat pekerja PT Pos Indonesia diantaranya adalah Koperasi Pekerja Pos Indonesia (KOPPIN). KOPPIN mempunyai usaha dibidang lembaga keuangan berbentuk koperasi karyawan/ pekerja. Dalam rangka transformasi layanan digital maka KOPPIN  menerapkan Sistem informasi manajemen koperasi simpan pinjam.untuk itu analisis mulai dari infrastruktur Teknologi Informasi, analisis Sistem Informasi Manajemen Simpan Pinjam serta analisis Sistem Informasi Akuntansi Koperasi, sehingga penerapan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Yogyakarta: Salemba Empat.

Kasmir.(2007). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Keenam, PT Raja

Grafindo Persada, Jakarta.

Rudianto. (2010). Akuntansi Koperasi Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012, tentang Koperasi.

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik

Indonesia No. 14/Per/M.KUKM/XII/2009, tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi.

Bima, Ario (2012), Pengertian Dan Fungsi Handphone, sumber: http://arioardyansyah.blogspot.com/2 012/10/perngertian-handphone.html (diakses 21 April 2014). [2]. Citra Niaga(2012),

Koperasi Simpan Pinjam, sumber: http://www.citraniaga.com/index.php /faq/31-general/90-koperasi-simpan- pinjam

Cooper, Donald R dan Pamela S.Schindler (2006). Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT.Media Global Edukasi.

Coronel, Carlos, Steven Morris, dan Peter Rob (2013), Database Systems : Design, Implementation, and Management, 10th edition, Boston : Cengage Learning.

Dennis, Alan, Barbara H. Wixom, dan Roberta M. Roth (2012), System Analysis and Design, 5th edition, Danvers

John Wiley & Sons, Inc. Developer, Medan (2013), Pengertian web and Mobile Application, sumber: http://medandev.blogspot.com/2013/ 03/pengertian-mobile- application.html (diakses 21 April 2014).

Hoffer, Jeffrey A., Joey F. George, dan Joseph S. Valacich (2014), Modern Systems Analysis and Design, 7th edition, London : Pearson Education, Inc

. Kendall, Kenneth E., dan Julie E. Kendall (2011), System Analysis and Design, 8th edition, New Jersey : Pearson Education, Inc.

Laudon, Kenneth C., dan Jane P. Laudon (2012), Management Information Systems : Managing The Digital Firm, 12th edition, New Jersey : Pearson Education, Inc.

Safaat, Nazruddin (2012), Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung : Informatika Bandung.

Schildt, Herbert (2011), Java : The Complete Reference, 8th edition, New York : McGraw Hill.

Whitten, Jeffrey L., dan Lonnie D. Bentley (2007), System Analysis and Design Methods, 7th edition, New York : McGraw Hill.

Andriani, Lilya dan Anantawikrama Tungga Atmadja dan Ni Kadek Sinarwati 2014, Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Studi Intrepetatif pada Peggy Salon), Jurnal, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Assauri, Sofjan 2004, Akuntansi Persediaan, dari repository.widyatama.ac.id

Astuti, Era 2007, Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus, Tesis S2, Universitas Diponegoro.

Badridwan, Zaki 2004, Intermediate Accounting “Pengantar Akuntansi” Buku 2, Salemba Empat, Jakarta. Bernard, Chester I. 2013, Struktur Organisasi, dari www.maxmanroe.com

Bodnar, G. H. dan William S. Hopwood 2006, Sistem Informasi Akuntansi Edisi Kesembilan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Endiyarko, Anang 2010, Desain Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai, Penjualan Kredit, dan Sistem Informasi Akuntansi Umum (Studi Kasus pada CV. Solofood Indonusa di Sukoharjo), Tesis S2, Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret.

Ervillia, Puspa 2009, Analisis Perumusan dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil Menengan (Studi Kasus UKM Waroeng Cokelat Bogor), Skripsi S1, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Friedrich 2011, Implementasi Akuntnasi Simpan punjam, dari www.sumberpengetahuan.com

Gondodiyoto 2007, Sistem Akuntansi, dari www.dosenit.com

Grande, Elena U. dan Raquel Perez Estebanez dan Clara Munoz Colomina 2011, The Impact of Accounting Information System (AIS) on Performance Measures: Empirical Evidence in Spanish SME’s, Jurnal, University of Madrid, Spanyol.

Harahap 2008, Laporan Keuangan, dari www.landasanteori.com

Hudayati, Ataina 2002, Perkembangan Penelitian Akuntansi Keperilakuan: Berbagai Teori dan Pendekatan yang Melandasi, Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Ismail, Noor A. dan Malcolm King 2007, Factors Influencing the Alignment of Accounting Information System in Small and Medium Sized Malaysian Manufacturing Firms, Jurnal, University Utara Malaysia, Malaysia. 18

Jonathan, William dan Sri Lestari 2015, Sistem Informasi UKM Berbasis Website pada Desa Sumber Jaya, Jurnal, Fakultas Ilmu Komputer, Informasi, dan Bisnis

Darmajaya, Lampung. Kasmir 2008, Laporan Keuangan, dari www.landasanteori.com

Kristiyanti, Mariana 2012, Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional, Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas AKI.

Lanastriani, Indah 2016, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku pada UKM Pempek dan Kerupuk Beringin, Skripsi S1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Multi Data Palembang, Palembang.

Laudon 2010, Sistem Informasi Akuntansi, dari www.dosenit.com

Mulyadi 2016, Sistem Akuntansi Edisi Empat, Salemba Empat, Jakarta.

Munawir, S. 2010, Akuntansi Keuangan, Diakses 5 September 2017, dari www.google.com

Musmini, Lucy S. 2013, Sistem Informasi Akuntansi untuk Menunjang Pemberdayaan Pengelolaan Usaha Kecil (Studi Kasus pada Rumah Makan Taliwang Singaraja), Jurnal, FEB Undiksha, Yogyakarta.

Purnama, Dita 2013, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyediaan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kecamatan Rumbai Pesisir, Jurnal, Universitas Riau, Pekanbaru.

Puspita, Adela 2017, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan (Studi Kasus pada Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Provinsi Sumatera Selatan), Skripsi S1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Multi Data Palembang, Palembang.

Rachman, Windy A. dan Lana Sularto 2011, Analisis dan Desain Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada CV. Smart Teknologi Indonesia), Jurnal, Universitas Gunadarma, Depok.

Romney, Marshall B dan Paul Jhon Steinbart 2017, Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.

Santoso, Imam 2010, Pengantar Akuntansi, Diakses 11 September 2017, dari www.landasanteori.com

Soemarso 2009, Akuntansi Keuangan, dari elib.unikom.ac.id

Sugiyono 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Alfabeta, Bandung.

Suliyanto 2008, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.

Susanto, Azhar 2008, Sistem Informasi Akuntansi, dari www.google.com

Team CPSSOFT 2011, CPSSOFT Accurate 4 Accounting Software Manual Book, Red CPSSOFT, Jakarta.

Tim IAI Sumsel 2015, Pengantar Akuntansi Buku 2, Red. IAI Sumsel, Palembang

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15