PROSEDUR PELAYANAN BANQUET WAITER DALAM MENANGANI TAMU EVENT DI HOTEL ASTON PASTEUR BANDUNG

Penulis

  • Willma Fauzzia Akademi Pariwisata BSI Bandung
  • Randy Pradana Akademi Pariwisata BSI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59820/telpar.v1i2.86

Kata Kunci:

Hotel; Banquet Waiter; Standar Operasional Prosedur

Abstrak

Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang menyediakan berbagai fasilitas guna memenuhi kebutuhan para tamu hotel, maupun wisatawan mulai dari tempat menginap hingga kebutuhan makanan serta minuman yang dikelola dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hotel tentunya memerlukan bagian-bagian atau departemen yang dapat menunjang kegiatan operasionalnya. Food and Beverage Service merupakan salah satu bagian dari Food and Beverage Department yang terdapat di hotel yang bertanggung jawab dalam melayani serta memenuhi kebutuhan makanan dan minuman, baik dalam menyediakan maupun menyajikannya kepada para tamu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan secara deskriptif dengan mengumpulkan data-data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan pembahasan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa Banquet Waiter memiliki peranan yang cukup vital dalam kelangsungan operasional di Hotel Aston Pasteur dengan menangani penyelenggaraan suatu acara yang akan digelar, mulai dari tahap preparation, during operation, hingga closing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Standar Operasional Prosedur dalam melayani tamu event sebagai seorang Banquet Waiter di Hotel Aston Pasteur.

Kata kunci : Hotel; Banquet Waiter; Standar Operasional Prosedur

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-25

Terbitan

Bagian

##section.default.title##