PENGARUH PERSONAL BRANDING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei pada followers Social Media YouTube @GadgetIn)
DOI:
https://doi.org/10.59820/soma.v1i2.56Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh personal branding terhadap minat beli konsumen
pada followers media sosial YouTube @GadgetIn.@GadgetIn adalah salah satu channel YouTube
terkemuka di Indonesia yang fokus pada ulasan dan review gadget serta topik terkait teknologi. Metode
survei digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang merupakan mahasiswa/i
Universitas Garut. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan pendekatan
kuantitatif diskriptif dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal
branding yang terdiri dari citra personal, kepercayaan, dan kesetiaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya personal branding dalam
mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen dan pentingnya penerapan personal
branding yang efektif bagi para influencer di media sosial.