PENGEMBANGAN ASPEK BISNIS PADA KLINIK KESEHATAN

Penulis

  • Muhammad Iffan Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59820/pengmas.v2i1.80

Kata Kunci:

Aspek Bisnis; SWOT; Klinik Kesehatan

Abstrak

Artikel ini mendokumentasikan upaya pengabdian masyarakat dalam mengembangkan aspek bisnis di Klinik Kesehatan Diana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Klinik Diana mengenai pengembangan aspek bisnis dengan menggunakan Analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi observasi, wawancara, dan analisis data. Tim pengabdian bekerja sama dengan manajemen dan staf medis Klinik Kesehatan Diana untuk mengidentifikasi masalah dan potensi perbaikan dalam berbagai aspek bisnis. Hasil pengabdian ini menunjukkan beberapa temuan penting antara lain SDM masih belum memahami perngembangan aspek bisnis dengan menggunakan Analisa SWOT, masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan Klinik Diana, dan belum adanya kerjasama dengan lembaga asuransi. Berdasarkan temuan tersebut, tim pengabdi memberikan rekomendasi dengan memberikan pemahaman kepada SDM Klinik Diana mengenai pengembangan aspek bisnis dengan menggunakan Analisis SWOT, melakukan promosi yang berkelanjutan baik secara langsung maupun menggunakan pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan Klinik Diana, dan mengakselerasi proses kerjasana Klinik Diana dengan lembaga asuransi. Pengembangan aspek bisnis di Klinik Kesehatan Diana diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat, memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, dan berkontribusi pada pengembangan sektor kesehatan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-15