DAMPAK STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PADA WARALABA ES TEH SEGARA DI DESA MARGOREHO
DOI:
https://doi.org/10.59820/emba.v2i1.111Kata Kunci:
Franchise, Marketing strategy, Price, Product, SalesAbstrak
Penjualan merupakan faktor penentu keberlangsungan usaha. Namun penjualan kadang mengalami penurunan yang disebabkan persaingan, perubahan selera konsumen atau pelayanan yang kurang baik sehingga perlu suatu strategi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam terhadap narasumber. Penelitian ini terfokus kepada pelanggan waralaba minuman es teh “SEGARA” yang sudah pernah membeli. Dengan populasi warga desa Margorejo RT 3 RW 1 dan sampel yang diperoleh sebanyak 15 informan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran produk, harga dan tempat sangat berdampak terhadap penjualan. Masyarakat desa Margorejo melakukan pembelian berdasarkan variasi, kualitas, merek dan kemasan minuman yang beragam, harga yang terjangkau, dan lokasi yang dekat serta fasilitas yang ditawarkan. Sedangkan promosi kurang berdampak terhadap penjualan hal ini disebabkan promosi yang masih kurang dan tidak sesuai dengan keinginan konsumen.
Unduhan
Referensi
Adiputra YR, & Khasanah I. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian jasa asuransi jiwa (Studi pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Cibinong). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 551–560. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Hulu, B., Dakhi, Y., & Zaloga, E. F. (2021). Pengaruh strategi pemsaran terhadap volume penjualan pada UD Mitra Kecamatan Amandraya . Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(2), 16–25.
Effendi, N. I., Harahap, D. F., Nelvia, R., & Marthika, L. D. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm di Kabupaten Bungo. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3). https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.602
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271
Papalapu, J. P., Mandey, S. L., & Tielung, M. V. J. (2021). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Yamaha di Masa Pandemi COVID-19 Pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 5(1), 10–16.
Prestasi Eddy Mantjoro, H. (2012). Kajian Dampak Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Selular PT. Bakrie Telecom Esia-Manado. Jurnal Ilmu Administrasi (Jia), 8(3), 1–6. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jia/article/view/6302
Rachman. (2019). pengaruh citra toko dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Laksana Motor Tasikmalaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rohmah, A. F., & Asteria, B. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan Pada Toko Karpet Ab07 Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 6(1), 366–382. http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/3547%0Ahttps://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/download/3547/898
Ngatno. (2018). Manajemen pemasaran. EF Press Digimedia.
Haque-Fawzi, M.G, & Iskandar, A. S et.all. (2021). Strategi pemasara : Konsep, teori dan implementasi. Pascal Books.
Syarifudin. Mandey, S. L. & Tumbuan, J. F. A. (2021). Sejarah pemasaran dan strategi pemasaran. Istana Agency
Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen pemasaran. Forum Pemuda Aswaja.
Saleh, M.Y & Said, M. (2019). Konsep dan strategi pemasaran. Sah Media