PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DISTRIBUSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PEMESANAN LAMPU PADA PT SOLARENS LEDINDO
DOI:
https://doi.org/10.59820/apk.v1i1.17Kata Kunci:
Product Quality, Distribution Channels, Customer LoyaltyAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan. Terjadinya penurunan Loyalitas Pelanggan disebabkan Kualitas Produk dan Distribusi yang masih belum optimal. Teori yang digunakan berkaitan dengan Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan serta loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 216 pelanggan dan sampel berjumlah 140 pelanggan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling random sampling. Analisis data yang digunakan mengunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, análisis regresi linear berganda, pengujian hipótesis. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa secara parsial dan secara simultan Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Solarens Ledindo.